Pergerakan Harga Saham Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderating (Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

  • Diya Novitasari
  • Eko Prasetyo

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah solvabilitas, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap harga saham serta untuk mengetahui apakah solvabilitas, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan kebijakan dividen sebagai variabel moderating. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini subsektor pertambangan yang ada di Bursa Efek Indonesia dengan sampel sebanyak 6 perusahaan menggunakan teknik purposive sampling.Analisis statistik menggunakan analisis regresi berganda dengan melihat keabsahan data menggunakan uji normalitas serta ditunjukkan dengan hasil Uji T dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan solvabiitas berpengaruh signifikan terhadap harga saham, selanjutnya dengan dimoderasi oleh kebijakan dividen juga berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap harga saham, selanjutnya dengan dimoderasi oleh kebijakan dividen juga tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara simultan solvabilitas dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

##submission.authorBiographies##

Diya Novitasari

Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri Jalan Soekarno Hatta No 1 Pelem Pare Kediri

Eko Prasetyo

Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri Jalan Soekarno Hatta No 1 Pelem Pare Kediri

Diterbitkan
2018-03-06
##submission.howToCite##
NOVITASARI, Diya; PRASETYO, Eko. Pergerakan Harga Saham Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderating (Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). , [S.l.], v. 3, n. 2, p. 1-18, mar. 2018. ISSN 2615-3246. Tersedia pada: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/Ekuivalensi/article/view/53>. Tanggal Akses: 19 nov. 2018