Pergerakan Harga Saham Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderating (Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

  • Diya Novitasari
  • Eko Prasetyo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah solvabilitas, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap harga saham serta untuk mengetahui apakah solvabilitas, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan kebijakan dividen sebagai variabel moderating. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini subsektor pertambangan yang ada di Bursa Efek Indonesia dengan sampel sebanyak 6 perusahaan menggunakan teknik purposive sampling.Analisis statistik menggunakan analisis regresi berganda dengan melihat keabsahan data menggunakan uji normalitas serta ditunjukkan dengan hasil Uji T dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan solvabiitas berpengaruh signifikan terhadap harga saham, selanjutnya dengan dimoderasi oleh kebijakan dividen juga berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap harga saham, selanjutnya dengan dimoderasi oleh kebijakan dividen juga tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara simultan solvabilitas dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Author Biographies

Diya Novitasari

Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri Jalan Soekarno Hatta No 1 Pelem Pare Kediri

Eko Prasetyo

Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri Jalan Soekarno Hatta No 1 Pelem Pare Kediri

Published
2018-03-06
How to Cite
NOVITASARI, Diya; PRASETYO, Eko. Pergerakan Harga Saham Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderating (Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). JURNAL EKUIVALENSI, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 1-18, mar. 2018. ISSN 2615-3246. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/Ekuivalensi/article/view/53>. Date accessed: 22 apr. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.