PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT POS BELAKANG PADANG BATAM

  • Suci Latifah Universitas Putera Batam
  • Suhardi Suhardi Universitas Putera Batam

Abstract

Abstrak


Keputusan pembelian disebabkan oleh faktor, diantaranya kualitas pelayanan dan lokasi jika kualitas pelayanan dan lokasi tepat dengan apa yang diinginkan konsumen. Hal ini bisa menarik perhatian konsumen untuk melakukan pembelian.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian di PT Pos Belakang Padang Batam. Jenis penelitian kuantitatif penelitian ini menggunakan populasi yang dihitung dari jumlah konsumen perbulan sebanyak 485 orang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 219 responden merupakan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus slovin. Teknik sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Metode pengambilan data yaitu dengan kuesioner. Pengujian dengan metode analisis regresi linier berganda,koefisien determinasi, uji T dan F alat bantu yang digunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menyatakan bahwa uji R2 sebesar 0,295 ini berarti keputusan pembelian di PT Pos Belakang PadangĀ  dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan lokasi, sisanya (70,5%) dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian uji t menyatakan bahwa. Kualitas pelayanan dan lokasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Published
2020-05-09
How to Cite
LATIFAH, Suci; SUHARDI, Suhardi. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT POS BELAKANG PADANG BATAM. JURNAL EKUIVALENSI, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 57-72, may 2020. ISSN 2615-3246. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/Ekuivalensi/article/view/309>. Date accessed: 27 sep. 2020.