Pengaruh Citra Merek Dan Private Label Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Gajah Mada Di Kota Batam

  • Pahrin siregar Universitas Putera Batam
  • suhardi suhardi Universitas Putera Batam

Abstract

Abstrak


 


Perkembangan retail saat ini sudah cukup luas di Indonesia. Oleh karena itu banyaknya retail yang ada mampu mengurangi pengangguran di Indonesia maupun di Batam. Terdapat beberapa perusahaan retail yang ada di Batam salah satu diantaranya Alfamart, munculnya Alfamart di Kota Batam yaitu sejak tahun 2015 lalu, dengan kehadiran Alfamart di Kota Batam membuat konsumen lebih mudah berbelanja karena akses yang sangat strategis dengan masyarakat disekitarnya. Alfamart merupakan perusahaan retail minimarket terkemuka di Indonesia dengan lisensi merek dagang Alfamart, gerai ini umumnya menjual berbagai produk makanan serta minuman dan barang kebutuhan lainnya, lebih dari 200 produk makanan dan barang kebutuhan hidup lainnya tersedia dengan berbagai macam merek yang ada untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari. Teknik sampel yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dalam pengambilan sampel menggunakan sampel teknik probability sampling dengan menggunakan metode random sampling. Dengan jumlah kuesioner sebanyak 343 responden yang membuat keputusan pembelian untuk produk yang ditawarkan di Alfamart. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Private label berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.


 


Kata kunciCitra Merek; Private Label; Keputusan Pembelian


 


Abstract


 


ilers is able to reduce unemployment in Indonesia and Batam. There are several retail companies in Batam, one of which is Alfamart, the emergence of Alfamart in Batam City since 2015, with the presence of Alfamart in Batam City, makes it easier for consumers to shop because of its very strategic access with the surrounding community. Alfamart is a leading minimarket retail company in Indonesia with the Alfamart trademark license, this outlet generally sells a variety of food and beverage products and other necessities, more than 200 food products and other living necessities are available with a variety of existing brands to meet the needs of consumers a day -day. The sampling technique used to collect data in this study in sampling using probability sampling techniques using random sampling methods. With a total number of questionnaires as many as 343 respondents who made purchasing decisions for the products offered at Alfamart. The results of this study stated that brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions. Private label has a positive and significant influence on purchasing decisions..


 


Keywords: Brand Image;Private Label ; buying decision

Published
2020-05-09
How to Cite
SIREGAR, Pahrin; SUHARDI, suhardi. Pengaruh Citra Merek Dan Private Label Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Gajah Mada Di Kota Batam. JURNAL EKUIVALENSI, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 16-30, may 2020. ISSN 2615-3246. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/Ekuivalensi/article/view/305>. Date accessed: 09 july 2020.