Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Alfamart Tiban Tiga Sekupang Kota Batam

Authors

  • Wasiman Wasiman Universitas Putera Batam
  • Recit Pernanda Universitas Putera Batam

Abstract

Abstrak

Pertumbuhan ekonomi di Kota Batam dalam tahun 2017 sampai dengan semester pertama 2018 masih mengalami tren pertumbuhan yang belum sesuai. Alfamart sebagai salah satu perususahaan yang bergerak dibidang ritel yang ada di Kota Batam dan khususnya daerah Tiban tiga Sekupang Batam selalu berusaha menggunakan strategi dengan 4 P (Produk, Price, Place, dan Promotion). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeahui pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelangggan Alfamart Tiban Tiga Sekupang Batam. Penelitian ini menggunakan pelanggan sebagai responden untuk penelitian dengan jumlah responden sebanyak 119 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara membagikan kuesioner kepada pelanggan Alfamart Tiban Tiga Sekupang Batam. Hasil Uji Validitas disimpulkan bahwa semua variabel dinyatakan valid dan juga uji reliabilitas disimpulkan bahwa semua variabel reliabel dengan nilai diatas 0.6. Berdasarkan nilai Adjsuted R Square  sebesar 0,577 atau sebesar 57.7%%. Hal ini berarti variabel kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, variabel harga dan variabel promosi sebesar 57.7%, sedangkan sisanya sebesar 42.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini

 

Kata Kunci: Harga, Promosi, kualitas Layanan dan  Kepuasan  Pelanggan

 

 

Abstract

 

               The economic growth in Batam City in 2017 until the first semester of 2018 is still experiencing a growth trend that is not yet appropriate. Alfamart as one of the companies engaged in retail in Batam City and especially in the Tiban area, three Sekupang Batam always try to use a strategy with 4 P (Product, Price, Place, and Promotion). The purpose of this study was to determine the effect of price, promotion and service quality on customer satisfaction of Alfamart Tiban Tiga Sekupang Batam. This study uses customers as respondents for research with 119 respondents. The method used in this research is by distributing questionnaires to Alfamart Tiban Tiga Sekupang Batam customers. The validity test results concluded that all variables were declared valid and also the reliability test concluded that all the variables were reliable with values ​​above 0.6. Based on the value of Adjsuted R Square of 0.577 or of 57.7 %%. This means that customer satisfaction can be explained by service quality, price and promotion variables by 57.7%, while the remaining 42.3% is influenced by other factors not included in this study.

 

Keywords:Price, Promotion, qualty Of Service To Customer Satisfaction

Downloads

Published

2019-10-28