PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Pabrik Bawang Goreng“UD. Sinar Tani” di Desa Pagundan Kecamatan Lebak Wangi Kabupaten Kuningan)

  • Yayat Rahmat Hidayat*1 Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Nopika Aryanti Universitas Swadaya Gunung Jati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan motivasi kerja secara bersama-sama (simultan) maupun parsial terhadap kinerja karyawan pada Pabrik Bawang Goreng “UD. Sinar Tani” di Desa Pagundan Kecamatan Lebak Wangi Kabupaten Kuningan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 67 responden. Teknik yang digunakan adaah teknik purposive (secara sengaja). Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yaitu uji validitas, uji
reliabititas, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t dengan menggunakan program SPSS 22.00 for Windows. Hasil analisis uji validitas dari variabel kompensasi, motivasi kerja dan kinerja karyawan menunjukkan bahwa semua butir item pernyataan kuesioner valid dikarenakan nilai rhitung > rtabel. Hasil analisis uji reliabilitas menunjukkan bahwa dari seluruh pertanyaan/pernyataan yang merupakan dimensi dari 3 variabel adalah reliabel dikarenakan nilai Cronbach Alpha 0,853 > 0,60. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa kinerja karyawan dipengaruhi oleh kompensasi dan motivasi kerja dengan persamaan Y’=6,048+0,423X1+0,298X2 artinya bahwa pengaruh kompensasi (X1) lebih besar dibandingkan dengan pengaruh motivasi kerja (X2) terhadap kinerja karyawan (Y). Hasil analisis uji t dari variabel kompensasi menunjukan bahwa nilai (thitung 3,128 > ttabel 1,996) dan nilai Sig (0,003 < 0,025) maka H1 diterima dan H0 ditolak, artinya bahwa secara parsial kompensasi (X1) berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y). Hasil analisis uji t dari variabel motivasi kerja menunjukan bahwa nilai (thitung 2,720> ttabel 1,996) dan nilai Sig (0,008<0,025) maka H2 diterima dan H0 ditolak, artinya bahwa secara parsial motivasi kerja (X2) berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y). Dan Hasil analisis uji F menunjukkan nilai (Fhitung 13,443 > Ftabel 3,14) dan nilai Sig. (0,000 <0,05) maka H3 diterima dan H0 ditolak, bahwa kompensasi dan motivasi kerja (X2) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y).
Kata kunci : Kompensasi, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan

Author Biographies

Yayat Rahmat Hidayat*1, Universitas Swadaya Gunung Jati

Dosen Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Swadaya Gunung Jati

Nopika Aryanti, Universitas Swadaya Gunung Jati

Dosen Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Swadaya Gunung Jati

Published
2017-11-04
How to Cite
HIDAYAT*1, Yayat Rahmat; ARYANTI, Nopika. PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Pabrik Bawang Goreng“UD. Sinar Tani” di Desa Pagundan Kecamatan Lebak Wangi Kabupaten Kuningan). JURNAL AGRONIS, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 57-74, nov. 2017. ISSN 2541-3287. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/AGRONIS/article/view/13>. Date accessed: 17 oct. 2018.